Saturday 28 September 2013



 Sumbangan Merpati semasa perang


Merpati dan falkon pemburu merpati
Kita semua telah mengetahui di masa lalu, burung merpati seringkali digunakan sebagai pengantar pesan. Begitu juga dimasa perang, hingga Perang Dunia II perang burung merpati dalam peperangan masih sangat menentukan. Ada kisah yang cukup inspirasional mengenai seekor burung merpati pembawa pesan bernama Cher Ami yang berhasil menyelamatkan 200 tentara dari gempuran artileri musuh. Burung tersebut membawa pesan permintaan tolong, dan di tengah derasnya hujan peluru burung tersebut berhasil melakukan tugasnya walaupun ia tertembak di dada dan kehilangan salah satu kakinya.
Kisah berikutnya terjadi di masa Perang Dunia II. Pihak Inggris telah mengetahui bahwa Jerman menggunakan burung-burung merpati untuk mengirimkan pesan kepada seluruh pasukannya yang tersebar di seantero Eropa saat itu. Bahkan seorang staff Nazi SS dengan bangga mengangkat dirinya sebagai Ketua Perkumpulan Merpati Nasional German (German National Pigeon Society).
Untuk mengantisipasi ini, pihak Inggris juga membentuk seksi khusus yang bernama Army Pigeon Service Special Section. Walapun memiliki nama berkaitan tentang merpati, di dalamnya ternyata tidak ada merpati satu ekor pun. Melainkan mereka melatih burung-burung Falkon Peregrin yang merupakan musuh alami merpati di alam liar. Burung-burung falkon ini dilatih untuk memburu merpati-merpati pembawa surat dan menggagalkan pengiriman berita.

No comments:

Post a Comment